Senin, 12 Oktober 2009

Wushu

Kata wushu (武术) berasal dari huruf Wu(武) yang berarti Perang atau beladiri dan Shu(术) yang berarti seni/kemampuan. Wushu berarti Seni Beladiri atau lebih dikenal dengan istilah Kung-Fu.Wushu yang dipelajari di Binus adalah Wushu Modern yang mempelajari berbagai gerakan beladiri yang berasal dari RRC sebagai suatu bentuk Olahraga dan Seni Keindahan (wu zi).Sekarang ini cabang-cabang Wushu mulai banyak dikompetisikan dalam event olahraga besar (Sea Games,Olimpiade).

Mempelajari wushu akan meningkatkan kemampuan dalam membela diri serta baik bagi kesehatan organ tubuh karena akan merangsang organ-organ tubuh tertentu untuk lebih aktif dan fleksibel. Tentunya hal ini akan menyebabkan daya tahan tubuh meningkat serta membuat kondisi fisik tubuh tetap sehat hingga hari tua.

Gerakan pada wushu modern merupakan perpaduan dari berbagai macam jurus Kung-Fu ,dimana secara garis besar terbagi menjadi 2 aliran besar yaitu Aliran Utara dan aliran Selatan. Di Aliran Utara, banyak jurusnya yang berasal dari gerakan akrobatik yang mementingkan kemampuan memainkan kaki (loncatan & tendangan) sedangkan di aliran selatan,jurus yang digunakan banyak mengambil unsur binatang (Naga, Harimau, Bangau,Kera,Ular,dll) dimana pada aliran ini jurus-jurusnya lebih berfokus pada pukulan. Berbagai macam jurus dari masing2 aliran tersebut dikombinasikan menjadi menjadi berbagai macam set gerakan yang disebut dengan Forms (Tao Lu). Di Tao Lu jurus-jurusnya ada yang menggunakan senjata (Pedang,Golok,Toya,Tombak,dll) dan juga tangan kosong. Selain itu ada juga cabang San Shou (散手) yang berarti Free Hand atau Free Fighting, san shou merupakan cabang dari wushu yang mempelajari kemampuan bertarung&beladiri yang efektif (Real Street Fighting) dan merupakan gabungan dari gerakan KungFu,Teknik Kuncian,Kick Boxing dan bantingan.

Cabang-cabang di Wushu Binus

Tao Lu (Forms)
Chang Quan (Jurus Utara) & Nan Quan (Jurus Selatan)
Dao Shu (Jurus2 Golok), & Jian Shu (Jurus2 Pedang)
Gun Shu (Jurus2 Toya) & Jiang Shu (Jurus2 Tombak)
Tai Chi Chuan
Tai Chi Jian (Pedang Tai Chi)
Tan Tui (Jurus-jurus yang digunakan Huo Yian Jia)
San Shou (Fight)
Lion Dance / Barongsai (Wu Zhi)

Sumber :
http://www.binus.ac.id/CURRENT.STUDENTS/Life.@.BINUS/Students.Organizations/Undergraduate.Programs/Student.Activity.Unit/Sport/WUSHU3/English/

1 komentar: